Perpaduan antara unsur - unseur desain garfis yang emempunyai karakteristik dan perbedaan bentuk serta dimensi yang disusun dalam sebuah tata letak sebuah media mempunyai arti atau makna sendiri.
Dalam komponen desain grafis kita harus memperhatikan beberapa hal, diantaranya adalah tujuan desain tersebut dibuat untuk siapa, memiliki tujuan apa, dan bagaimana mempublikasikannya.
Dalam menentukan komponen apa saja yang akan dilibatkan dalam mendesain maka kita harus faham tentang unsur - unsur apa saja yang harus ada di dalamnya, Seperti tata letak, jenis warna, jenis font, tipe garis dan bentuk.
jika digambarkan dalam kehidupan sehari - hari desain grafis mencirikan suatu hal atau benda yang membedakan dengan objek lainnya, sebagai contoh harimau dengan singa adalah sama - sama jenis binatang buas karnivora ( pemakan daging), namun memiliki perbedaan bentuk, warna dan tekstur bulu, suara, besar rahang susunan gigi, ekor dan beserta yang lainnya.
Komponen Desain Grafis
1. Line ( Garis)
Line - adalah merupakan rangkaian dari sebuah titik yang tersusun dalam pola tertentu (memanjang, mengombak , dll) dan saling terhubung satu sama lainnya dengan tingkat kerapatan tertentu. Karakteristik utama sebuah garis adalah memiliki dimensi panjang, bentuk warna, ketebalan dan model, jenis garis di bedakan dalam dua tipe yaitu :
Garis Alami
Adalah sebuah garis yang terbentuk akibat daris sebuah gesekan serta perbedaan yang saling memotong antara 2 buah benda dengan warna yang berbeda
Garis Buatan
Garis Buatan ada dua type yaitu :
Sengaja Dibuat adalah garis yang di buat untuk memisahkan tanda batas tertentu yang akhirnya dapat menciptkan sebuah bentuk gambar (sketsa wajah)
Sebagai Efect adalah pertemuan dua atau lebih objek gambar yang saling bersinggungan dengan warna dan bentuk yang berbeda - beda.
komponen utama dalam sebuah desain grafis adalah ketegasan dalam menorehkan garis dalam sebuah media sehingga dapat memberikan kesan dan manfaat yang sebenarnya.
2. Shape (bentuk)
adalah sebagai bidang, media yang digunakan untuk mengidentifikasi seperti dimensi, panjang, lebar, tinggi dan tebal sehingga dapat dibedakan antara yang satu dengan yang lainnya.
3. Image (Gambar)
adalah sebagai penguat informasi yang akan disampaikan kepada orang lain yang melihatnya. Terkadang visualisasi akan lebih memberikan penjelasan yang lebih dalam, jelas dan memancing perhatian dibandingkan dengan teks.
4. Color (Warna)
adalah sebuah identitas dari sebuah objek, karena dapat memikat hati para pengguna dengan kombinasi dan perpaduan dari sebuah warna yang sesuai. setiap warna mempunyai nilai psikologis yang dapat mempengaruhi kejiwaan seseorang yang melihatnya.
5. Tipografi (Teks)
adalah salahsatu disiplin ilmu seni yang membahas tatacara tentang penggunaan, pemilihan dan penggunaan penggunaan huruf pada media yang digunakan.
6. Space (Ruang)
adalah sebuah ruang yang digunakan untuk membedakan besar, kecil, jauh, dekat, tinggi, redah, dll, dalam sebuah media yang digunakan untuk memberikan informasi.